Tahapan Tumbuh Kembang Bayi dan Anak (Usia 0 sampai dengan 5 Tahun)

Setiap anak akan melalui berbagai tahapan pertumbuhan dan perkembangan saat mereka menjalaninya melalui kehidupan.

Kita tidak akan pernah bisa menjadi orangtua yang sempurna dan kita tidak dapat pergi ke sekolah khusus untuk menjadi orangtua atau belajar ini dari buku teks tapi kita harus belajar terus menerus bersama dengan anak-anak, sampai akhirnya kita menemukan bahwa apa yang sudah kita lakukan, membuat kita sebagai orangtua merasakan begitu indahnya kehidupan anak-anak kita pada akhirnya.

Meskipun pertumbuhan dan perkembangan setiap anak pada dasarnya sama, akan tetapi kita juga akan melihat bahwa setiap anak juga unik dan mereka akan berperilaku dengan cara yang berbeda beda. Beberapa anak-anak akan lebih mudah mandiri (independen) daripada yang lain dan beberapa anak anak lainnya mungkin akan menginginkan lebih banyak perhatian, ini adalah hanya sebuah proses tumbuh kembangnya.

Kita akan melewati tahap yang paling penting di sini dari masa kanak-kanak untuk anak usia o bulan sampai dengan 5 tahun.

 

Beberapa tahapan tumbuh kembang anak usia 0 sampai dengan 5 tahun :

  1. Bayi usia 0 sampai dengan 1 bulan biasanya bayi lebih banyak tidur , di saat yang bersamaan indera pendengaran mulai berkembang, indera perasa, penyentuh dan indera penglihatan. Di saat usia 2 bulan Mereka akan mulai melihat warna dan mengembangkan berbagai suara. Dan mereka juga sudah mulai bermain menggunakan otot, dan mata lebih banyak berkedipnya. Tumbuh kembang Bayi terjadi di tahapan yang berbeda beda pada setiap anak. Beberapa anak akan tampak lebih maju dan mulai merangkak lebih awal dari bayi lain, tapi rata-rata seorang bayi duduk dimulai pada usia sekitar 6 bulan dan merangkak dimulai sekitar usia sembilan bulan.
  2. Anak Usia 1 sampai dengan 2 tahun. Pada usia 1 tahun anak akan mulai belajar berjalan perlahan, belajar mengenali tentang apa saja di sekitarnya. Kontrol motoriknya sudah mulai berkembang dan anak sudah mulai bisa belajar memegang krayon dan belajar seni lainnya. Mereka akan marah ketika mereka di ambil dari orang tua mereka, sudah mulai juga bisa makan sendiri dan mereka tidak mau mendengarkan perintah terlalu banyak.
  3. Anak usia 18 bulan, mereka pada umumnya sudah mulai mantap berjalan menggunakan kedua kaki mereka, dan dalam beberapa kasus merekapun ada yang sudah dapat menendang bola, perkembangan kosa katanya juga sudah meningkat.
  4. Anak usia 3 tahun, mereka sudah mulai dapat menaiki sepeda beroda tiga, kosa katanyapun akan selalu meningkat dan struktur kalimatnya juga sudah mulai terbentuk, inilah sebabnya mengapa buku sangat penting pada tahapan usia 3 tahun, mereka pun sudah mulai dapat melihat logika, dan akalnya pun sudah mulai berjalan ketika mereka mulai melakukan hal2 seperti membangun logo, dan meletakkan sesuatu bersama sama, dan kita pun akan melihat bahwa mereka akan berpikir panjang dan keras tentang tugas tugas tertentu.
  5. Anak usia 4 tahun, di tahapan usia ini, mereka seringnya merasa ketakutan, misalnya mereka mungkin menjadi takut gelap, dan mereka pun akan mulai belajar untuk berbagi dan bermain dengan anak anak lainnya.
  6. Anak usia 5 tahun, perkembangan motoriknya akan mulai meningkat, seperti cara mereka melompat, dan menjalankan mainan akan berbeda di setiap tahapan tumbuh kembangnya. Mereka sudah mempunyai rasa tanggung jawab, rasa penyesalan dan rasa bangga pada diri sendiri.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10