Tanda Mengidap TBC

Penyakit tuberkulosis (TBC) tengah melanda warga dunia, begitu pula Indonesia. Penderita TBC di Indonesia terbanyak di urutan nomor tiga di dunia, setelah negara India dan Republik Rakyat China (RRC). Tentunya banyak orang yang ingin mengetahui apa saja tanda mengidap TBC. Karena ternyata TBC itu bisa diderita oleh semua usia, baik tua maupun muda, bahkan bayi baru lahir pun bisa terkena TBC dan meninggal oleh karena TBC.

Tanda mengidap TBC ada beberapa. Misalnya: batuk. Batuk disini tentunya bukan batuk kering, melainkan batuk berdahak. Batuknya selama dua hingga tiga minggu, bahkan bisa lebih lama lagi. Batuk yang diderita oleh penderita TBC bisa batuk berdahak yang disertai darah, atau disebut juga batuk berdarah. Jadi jelaslah bahwa batuk berdahak minimal selama dua minggu adalah tanda mengidap TBC.

Tanda mengidap TBC lainnya adalah berkeringat di malam hari. Berkeringat disini bukan dikarenakan suhu udara atau cuaca yang panas, melainkan berkeringat dingin di malam hari yang muncul bukan karena aktivitas fisik yang berat. Hal ini disebabkan oleh karena racun atau toksin yang dikeluarkan oleh bakteri penyebab TBC adalah racun yang aktif di malam hari, sehingga tubuh penderita menjadi berkeringat akibat merespon racun yang dikeluarkan oleh bakteri penyebab TBC tersebut.

Ada juga tanda mengidap TBC yang tidak spesifik, seperti: badan terasa letih, lelah, lemas, lunglai, malas, tidak bergairah, tidak lagi lincah bergerak atau beraktivitas, tidak atau kurang bersemangat, disertai dengan demam atau suhu tubuh sedikit meninggi, meriang yang berlangsung selama satu bulan, sesak nafas, selera atau nafsu makan menurun hingga tidak mau makan sama sekali, berat badan menurun, atau berkurang secara drastis tanpa penyebab pasti.

Ada hal yang menarik dari penderita TBC. Biasanya anggapan umum mengatakan bahwa penderita TBC berbadan kurus kering. Ini salah besar! Bisa jadi orang gemuk menderita TBC. Juga, jangan sampai Anda merasa kaget, sebab suatu saat nanti, bila tetangga Anda tanpa gejala, tahu-tahu sepulang dari RS dia divonis dokter TBC. Memang tanpa gejala bisa juga merupakan tanda mengidap TBC!




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10