Tips Diet Terbaik

Melakukan diet bagi beberapa orang merupakan hal yang sulit namun melakukan diet secara sembarangan juga akan membahayakan kesehatan tubuh lalu bagaimana melakukan diet yang aman dan mudah untuk dijalani berikut beberapa tip diet terbaik sehingga anda berhasil menjalankan diet.

Tips No 1: Konsumsi air putih atau minuman bebas kalori.

Sebelum Anda mengkonsumsi cemilan atau makanan ringan, minumlah segelas air terlebih dahulu. Orang terkadang tidak bisa membedakan rasa haus dengan rasa lapar, sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk makan dan akibatnya bertambahnya kalori dalam tubuh padahal yang dibutuhkan sebenarnya adalah segelas air dingin. Jika air putih tidak menolong, cobalah minum teh herbal.

Tips No 2: Jadilah pemilih makanan ringan malam hari.

Makan tanpa direncanakan paling sering terjadi setelah makan malam, ketika Anda akhirnya duduk dan bersantai. Ngemil di depan TV adalah salah satu cara termudah untuk menggagalkan diet Anda tentunya. Entah menutup dapur setelah jam tertentu, atau mengkonsumsi snack rendah kalori, seperti buah atau yoghurt akan lebih menyehatkan dan mempunyai kalori yang rendah.

Tips No 3: Nikmati makanan favorit Anda.

Alih-alih menghindari makanan favorit Anda sama sekali, jadilah konsumen yang pemilih. Belilah satu potong cake daripada membeli satu kotak penuh cake ukuran besar, Anda masih bisa menikmati makanan favorit Anda – kuncinya adalah moderasi.

Tips No 4: Makanlah beberapa kali dengan porsi kecil di siang hari.

Jika Anda memakan kalori lebih sedikit daripada yang Anda bakar, Anda akan kehilangan berat badan. Tapi ketika Anda lapar sepanjang waktu, makan lebih sedikit kalori sangat sulit dilakukan. Studi menunjukkan orang yang makan makanan 4-5 kali dengan porsi kecil per hari lebih mampu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Bagilah kalori harian ke dalam porsi kecil  dan konsumsi sebagian besar dari makanan itu disiang hari dan makan malam harus menjadi terakhir kali Anda makan.

Tips No 5: Makan protein setiap kali makan.

Protein adalah makanan yang lebih mengenyangkan dari karbohidrat atau lemak dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga membantu mempertahankan massa otot dan mendorong pembakaran lemak. Jadi pastikan untuk memasukkan protein sehat seperti makanan laut, daging tanpa lemak, putih telur, yogurt, keju, kedelai, kacang, atau kacang ke dalam makanan Anda dan makanan ringan.

Tips No 6:  Ganti stok dapur Anda dengan makanan yang sehat.

Jika Anda memiliki coklat krim di pantry dan es di freezer, Anda membuat diet menjadi lebih sulit daripada yang seharusnya. Mengurangi godaan dengan membersihkan lemari makanan dari makanan yang berkalori tinggi dengan sayur dan buah akan lebih menyehatkan dan mendukung keberhasilan diet anda.

 Tips No 7: Biasakan makan pagi.

Orang berpikir bila melewatkan sarapan makan akan kehilangan berat badan. Namun beberapa studi menunjukkan hal yang sebaliknya. Tidak sarapan dapat membuat Anda lapar yang menyebabkan makan terlalu banyak saat makan siang dan makan malam. Untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya biasakan selalu untuk makan pagi yang sehat, tinggi serat seperti sereal, susu rendah lemak, dan buah.

 Tips No 8: Sertakan serat dalam diet Anda.

Serat membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan kolesterol dan dapat membantu penurunan berat badan. Untuk menuai manfaat serat, kebanyakan wanita harus mendapatkan sekitar 25 gram sehari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 38 gram atau 14 gram per 1.000 kalori. Sumber serat yang baik termasuk oatmeal, kacang-kacangan, makanan gandum, dan berbagai buah-buahan dan sayuran.

Tips No 9: Menurunkan berat badan perlahan-lahan.

Jika Anda kehilangan berat badan tapi tidak secepat yan diinginkan, jangan berkecil hati.  Mengurangi berat badan membutuhkan waktu. Para ahli menyarankan pengaturan penurunan berat badan yang real adalah sekitar 0.5 kg sampai 1 kg seminggu. Jika Anda menetapkan harapan Anda terlalu tinggi, Anda mungkin menyerah bila Anda tidak menurunkan berat badan cukup cepat. Ingat, Anda mulai mendapatkan manfaat kesehatan ketika Anda kehilangan hanya 5% -10% dari berat tubuh Anda.

Tips No 10: Timbang diri Anda seminggu sekali.

Orang-orang yang menimbang diri mereka secara teratur cenderung memiliki berat badan lebih cepat turun. Tetapi kebanyakan ahli menyarankan menimbang berat badan sendiri hanya seminggu sekali, sehingga Anda tidak tergelincir oleh fluktuasi harian. Ketika Anda menimbang diri Anda, ikuti tips ini: Timbang diri Anda pada waktu yang sama, pada hari yang sama dalam seminggu, pada timbangan yang sama, dan dalam pakaian yang sama.

Tips No 11: Cukup Tidur

Bila Anda kurang tidur, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yaitu hormon perangsang nafsu makan tapi kurang menghasilkan hormon leptin, yang memberitahu Anda ketika Anda telah kenyang. Mendapatkan tidur yang cukup mungkin membuat Anda bisa beristirahat dan merasa kenyang serta menjaga Anda dari melakukan ngemil yang tidak perlu.

Menurunkan berat badan untuk tujuan kecantikan memang penting namun tidaklah sepenting kebaikan kesehatan yang akan diperoleh dengan melakukan diet yang tepat dan sehat. Dengan melakukan diet yang tepat selain mendapatkan badan yang langsing juga kesehatan badan semakin baik.

 

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10