Tips Hidup Sehat

Secara umum, orang yang sehat adalah orang yang tidak merokok, berada berat ideal, memiliki badan yang sehat, mengkonsumsi makan sehat dan berolahraga. Kedengarannya sederhana, bukan? Namun masalah terbesar saat ini yang dihadapi masyarakt adalah banyaknya orang yang mengkonsumsi junk food, merokok yang sudah merupakan gaya hidup, obesitas dan kurangnya aktivitas karena terlalu lama duduk bekerja, terlalu sering bersantai disofa sambil menonton televisi.

Untuk memulai hidup sehat perlu melakukan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan setiap hari untuk hidup aman dan sehat:

1. Minum Air Putih

Nikmati setengah liter air putih pertama di pagi hari. Luangkan waktu anda untuk minum segelas air putih ketika bangun tidur, karena tubuh kehilangan banyak oksigen pada malam untuk meremajakan sel-sel kita. Kita perlu memasok kembali oksigen dengan air. Sebagian orang biasa memeras beberapa tetes jeruk segar ke dalam air untuk memberikan rasa dan meminum ini juga baik untuk pencernaan dan vitamin untuk kulit.

2. Makan sehat

Makan makanan yang sehat adalah bagian lain dari gaya hidup sehat. Tidak hanya dapat membantu diet tepat dengan manajemen berat badan, namun juga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup saat usia makin bertambah. Gunakan cara sederhana berikut untuk mengubah cara makan :

  • Makan lebih banyak buah. Tambahkan ke sereal, salad atau bahkan makan malam.
  • Konsumsi sayuran lebih banyak. Tambahkan sayuran di mana saja Anda bisa – tomat pada sandwich Anda, paprika pada pizza, atau sayuran ekstra dalam saus pasta. Jauhkan sayuran pre-cut atau kalengan/beku untuk makanan cepat saji.
  • Minum susu rendah lemak atau bebas lemak. Beralih ke susu skim atau yoghurt bebas lemak adalah cara lain yang sederhana untuk makan lebih sedikit kalori tanpa harus mengubah terlalu banyak program diet.
  • Membuat beberapa pengganti. Lihat di lemari atau lemari es dan ambil 3 makanan yang anda makan setiap hari. Tuliskan kandungan nutrisinya. Pada saat Anda berada di toko, carilah produk yang lebih rendah kalorinya pengganti hanya yang 3 item.
  • Batasi makanan dan minuman tinggi kalori, gula, garam, lemak, dan alkohol.
  • Makanan diet seimbang untuk membantu menjaga berat badan yang sehat.

3. Be active

Jadilah aktif selama minimal 2 jam ½ seminggu. Sertakan kegiatan yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung dan memperkuat otot-otot Anda. Aktivitas fisik membantu untuk:

  • Menjaga berat badan
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2, serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker
  • Mengurangi nyeri radang sendi dan kecacatan yang terkait
  • Mengurangi risiko osteoporosis dan jatuh
  • Mengurangi gejala depresi dan kecemasan

4. Perlindungan Diri

  • Pakailah helm, sabuk pengaman ketika berpergian, gunakan tabir surya, dan obat nyamuk.
  • Cuci tangan untuk menghentikan penyebaran kuman.
  • Hindari merokok dan menghirup asap rokok. Mungkin saat ini sedikit lebih susah untuk melakukan tips hidup sehat dengan menghindari asap rokok, namun usahakan sejauh mungkin dengan perokok dan mencoba untuk berani menegur jika ada yang merokok di dekat kita dengan alasan kesehatan.
  • Membangun hubungan yang aman dan sehat dengan keluarga dan teman.

5. Mengelola stres

  • Atur waktu antara bekerja, bermain dan bersitirahat dengan tepat
  • Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman.
  • Tetap positif.
  • Luangkan waktu untuk bersantai.
  • Dapatkan 7-9 jam tidur setiap malam. Pastikan anak mendapatkan lebih, berdasarkan usia
  • Dapatkan bantuan atau konseling dari para ahlinya jika diperlukan.

Namun kadang-kadang sudah merasa makan makanan yang sehat, berolahraga dan sudah melakukan banyak tips hidup sehat namun belum merasakan sehat sesuai yang diinginkan. Tapi tetaplah belajar untuk menjalani gaya hidup sehat dan akan lebih mudah bila bisa mengubah satu hal kecil pada satu waktu. Ikuti saran Rosalind Ryan dan Anda akan segera merasa sehat.

1. Konsumsi bit
Kedengarannya aneh, tapi bit bisa menjadi senjata rahasia melawan tekanan darah tinggi. Kondisi ini merupakan penyebab utama penyakit jantung dan stroke, tetapi banyak orang tidak menyadari mereka memilikinya karena tidak memiliki gejala. Sekarang, para peneliti dari Barts dan London School of Medicine mengatakan minum 500 ml jus bit secara dramatis dapat mengurangi tekanan darah setelah hanya satu jam. Jadi minumlah hingga hal-hal yang merah muda.

2. Tidak mengambil biskuit
Sebuah tim dari University of Singapore baru-baru ini menemukan bahwa aroma kue chocolate chip bisa membuat wanita berbelanja secara royal pada pakaian yang tidak perlu ketika mereka memasuki toko-toko. Bau wangi biskuit coklat mampu mengaktifkan bagian dari otak yang menginginkan kepuasan instant.

3. Pelukan
Memberi pasangan Anda pelukan tidak hanya menghangatkan hati, dapat melindunginya juga. Sebuah studi oleh University of North Carolina pada tahun 2005 menemukan bahwa memeluk pasangan Anda selama 20 detik bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar hormon stres kortisol. Tingginya kadar kortisol telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan kondisi lain seperti diabetes.

4. Tarik napas
Kita sedang berada dalam ruang kerja, mengemudi mobil, memasak makanan coba lakukan pernapasan dalam. Tarik napas dan menghitung sampai 5 detik, tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan perlahan-lahan. Pertukaran oksigen dan karbon dioksida adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk darah dan sel tubuh.

5. Berjemur sinar matahari
Sinar matahari pada kulit membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang telah terbukti melawan penyakit jantung, depresi, osteoporosis dan bahkan beberapa jenis kanker. Namun cari panas matahari yang terbaik yaitu sekitar pukul 7 sampai dengan 9 pagi.

6. Berhenti Merokok
Langkah-langkah sederhana dapat memiliki dampak besar pada harapan hidup Anda, kata para ilmuwan dari Cambridge University. Jika Anda hanya mengelola satu hal, berhenti merokok karena penelitian menemukan ini memiliki dampak terbesar pada kesehatan Anda.

7. Melangkah
Sebelumnya, para ahli pikir mengambil 10.000 langkah sehari itu cukup untuk mengendalikan berat badan Anda, tetapi sebuah studi di seluruh dunia baru saja menetapkan bahwa wanita sampai usia 40 dan laki-laki hingga 50 perlu 12.000 langkah sehari untuk membantu pergeseran yang goncang tengah.

8. Tertawa adalah obat terbaik
Penelitian telah menemukan bahwa mereka yang memiliki sikap positif jarang menderita kondisi seperti penyakit jantung, darah tinggi, dan stress. Temukan sesuatu yang bisa digunakan sebagai bahan untuk ditertawakan setiap hari untuk memberikan dan dorongan hormon rasa senang sehingga membuat hidup jadi sehat.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10