Tips Memilih Buah

Tips memilih buah seharusnya merupakan sesuatu yang wajib kita cermati karena pemilihan buah yang baik akan sangat berdampak besar pada keluarga kita, terutama jika kita memiliki anak kecil. Memilih buah secara baik dan benar adalah salah satu tips penting yang harus Anda baca, apabila Anda tidak tahu cara memilih dan membeli buah segar.

Saat ini permintaan buah-buahan, terutama yang segar, sepertinya mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini kemungkinan karena tingginya tingkat kesadaran masyarakat tentang menjaga kesehatan dan stamina tubuh; memang, mengkonsumsi buah adalah cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan jasmani. Namun, satu hal yang harus Anda ketahui tentang mengkonsumsi buah untuk kesehatan, hanya buah-buahan segar saja yang bisa member asupan vitamin dan nutrisi. Dan sayangnya, tidak semua pedagang buah itu jujur karena beberapa oknum pedagang menjual buah yang sudah tidak segar kepada pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih buah yang segar. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih buah yang segar, berdasarkan jenis buahnya.

Tips Memilih Buah Apel dan Jeruk

Tips memilih buah yang pertama adalah untuk buah apel dan jeruk, salah satu jenis buah yang paling popular di kalangan masyarakat dari kelas bawah hingga kelas atas. Apabila membeli apel, sebaiknya Anda memilih di pasar buah yang hanya menjual buah segar atau supermarket yang selalu menyediakan buah yang baru. Untuk memilih apel yang segar, Anda harus mengetuk buahnya dengan jari tangan saja (jangan terlalu keras). Apabila bunyinya nyaring, maka apel tersebut renyah, tapi apabila bunyinya berat, maka apel tersebut sudah tidak renyah lagi. Selain itu, pilihlah apel yang kulitnya mulus tanpa bercak dan berbau harum. Untuk memilih jeruk, pastikan Anda memilih jeruk yang kulitnya tidak begitu halus –lebih bagus apabila ada bercak di kulit jeruk tersebut. Untuk memastikan kesegarannya, tancapkan kuku jari Anda ke bagian tengah buah jeruk: jeruk yang baik kulitnya lunak.

Tips Memilih Buah yang Lain

Selain apel dan jeruk, buah yang akhir-akhir ini sangat terkenal adalah durian. Untuk memilih durian yang segar dan sudah matang, Anda harus menggunakan indera penciuman Anda: buah durian yang segar dan matang adalah yang wanginya kuat atau menyengat. Selain itu, untuk memilih durian yang memiliki banyak daging buah, pilihlah buah durian yang lingkarannya sempurna. Selain durian, buah mangga juga menjadi lebih populer akhir-akhir ini. Untuk memilih buah mangga, pastikan memilih yang baunya harum dan tengahnya matang.

Selain beberapa tips di atas, memilih atau membeli buah di supermarket (yang selalu menyediakan buah baru) atau pasar buah yang ramai adalah point penting yang lain dalam tips memilih buah.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10