Tips Mencegah Penularan Batuk TBC Dari Penderita Ke Orang Sehat

Jika Anda tidak ingin terkena penyakit TBC tentunya Anda ingin tahu apa saja tips mencegah penularan batuk TBC. Tapi ada baiknya Anda tahu apa itu penyakit TBC itu terlebih dahulu. TBC atau Tuberculosis adalah salah satu penyakit menular yang berbahaya. Penyakit ini timbul karena adanya infeksi pada paru-paru atau bisa juga organ lain pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis. Karenanya sangat perlu bagi kita untuk mencari dan mempelajari tips pencegahan agar kita tidak tertular.

 

Tips Mencegah Penularan Batuk TBC dari Penderita

Sebelum kita membahas tips pencegahannya, yang perlu kita ketahui adalah bagaimana cara penyakit ini ditularkan dari penderita ke orang yang sehat. Sebagai orang yang sehat tentu saja kita tidak ingin tertular penyakit batuk berbahaya ini, jadi cara yang tepat adalah membekali diri kita dengan pengetahuan cara penularan TBC. Penyakit ini biasa menular melalui media udara, yang kemudian terhirup oleh orang yang sehat. Berikut tips pencegahan yang perlu Anda ketahui.

  • Hindari menggunakan peralatan makan yang sama dengan si penderita
  • Gunakan masker jika Anda sering kontak langsung dengan penderita
  • ¬†Jauhkan anak-anak dari penderita
  • Banyak makan makanan yang begizi dan suplemen agar meningkatkan kekebalan tubuh

Tak ada larangan untuk berdekatan dengan penderita TBC, yang terpenting adalah Anda mengetahui Tips pencegahan di atas.

 

Tips Mencegah Penularan Batuk TBC ke Orang yang Sehat

Jika Anda penderita TBC, tentu saja Anda tidak ingin orang-orang di sekitar Anda tertular penyakit ini dari Anda. Sebagai penderita TBC Anda juga wajib tahu tips pencegahan tersebut, di antaranya:

  • Menutup mulut Anda dengan sapu tangan saat batuk atau bersin.
  • Jangan sembarangan meludah. Jika ingin meludah, silahkan meludah hanya pada wadah khusus yang disediakan untuk Anda yang terlebih dahulu sudah di beri diberi desinfektan untuk membunuh kuman penyebab TBC.
  • Hindari berdekatan atau kontak langsung dengan balita atau anak-anak.
  • Pisahkan peralatan makan Anda, begitu juga saat mencucinya agar tidak terpakai orang yang sehat.
  • Jemurlah perlengkapan tidur Anda seperti bantal, kasur, selimut dan lain lain setiap hari, biarkan sinar matahari langsung masuk ke dalam kamar Anda.

Tips pencegahan batuk TBC  juga perlu diterapkan oleh penderitanya agar orang-orang yang Anda cintai di sekitar Anda tidak ikut tertular penyakit yang sedang Anda derita.

Apakah Anda orang yang sehat atau penderita TBC, keduanya harus mengetahui tips mencegah penularan batuk TBC baik itu dari penderita ke orang sehat atau sebaliknya.

 

 

 





twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10