Tips Menurunkan Kolesterol

Banyak sekali orang yang menyarankan berbagai tips untuk menurunkan kolesterol. Dari pola diet ketat, olahraga ketat hingga saran yang lebih sederhana. Dari berbagai tips yang pernah Anda dapatkan, apakah Anda pernah mendapatkan yang paling efisien di diri Anda? Beberapa tips menurunkan kolesterol di antaranya adalah menghindari makanan berlemak dan goreng-gorengan, hindari terus-menerus mengkonsumsi daging, perbanyak makan serat dan sayuran serta buah-buahan, konsumsi makanan sehat sebagai menu sehari-hari.

Selain itu juga harus dilakukan olahraga secara teratur agar timbunan lemak di tubuh bisa diubah menjadi energi. Sehat tidak sekedar tubuh luar kita saja atau bagian fisiknya, sehat merupakan perpaduan antara jiwa yang sehat dan raga yang sehat. Merupakan satu kesatuan yang jika keduanya seimbang, tubuh akan mampu merespon berbagai peristiwa dengan lebih baik. Keseimbangan ini harus diterapkan sejak kapan? Tidak perlu menunggu lama, Anda bisa mulai menerapkan hal ini mulai dari sekarang. Kita tidak perlu menunggu untuk mendapatkan manfaat hidup sehat. Hidup sehat tentu akan lebih menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Jika sehat, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan bersama orang-orang yang Anda sayangi kapanpun, tanpa perlu ditunda karena badan capek atau terserang penyakit.

Menerapkan Tips Menurunkan Kolesterol

Dari berbagai tips tersebut, yang manakah yang bisa dipercaya dan dilakukan? Semua tips yang disebutkan untuk menurunkan kadar kolesterol pada dasarnya adalah tips yang baik dan bagus diterapkan sehari-hari. Namun kebiasaan kita seringkali terlalu berat untuk dirubah. Kebiasaan berawal dari kecil, sehingga saat semakin dewasa kita sering mengalami kesulitan untuk merubah pola yang sudah terbawa sejak kecil. Untuk menerapkan tips-tips tersebut, terapkan secara bertahap dalam keseharian Anda. Misalnya, konsumsi buah apel satu biji per hari, lakukan hal ini selama beberapa waktu hingga Anda mulai terbiasa ini sebagai rutinitas Anda. Kemudian coba tambahkan hal lain seperti konsumsi sup jagung dan wortel tanpa lemak setiap hari Selasa dan Kamis. Ini hanyalah contoh pola makan yang bisa Anda coba terapkan.

Jadi, buatlah jadwal makan Anda dengan menu tertentu yang menyehatkan, mulai dari seminggu dua kali saja, kemudian tambahkan menu lain lagi seminggu dua kali dan seterusnya. Sehingga akhirnya Anda akan mendapatkan satu minggu Anda penuh dengan menu-menu yang sehat. Menerapkan pola makan yang teratur secara bertahap tentu akan lebih mudah dari pada menerapkan sekaligus dengan merubah semua pola makanan yang Anda konsumsi. Semua makanan sebenarnya boleh dikonsumsi, baik daging, kacang-kacangan, sayur dan buah, namun semua tentu tetap harus pada porsinya. Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Sebagai contoh, Anda boleh mengkonsumsi buah apel, namun tentu tidak boleh sehari makan apel terus menerus dan setiap hari. Tubuh Anda juga memerlukan nutrisi lain, sehingga sebaiknya konsumsi makanan pun harus beragam agar nutrisi dari berbagai makanan bisa Anda serap.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10