Tips Nutrisi Untuk Anda Dan Keluarga

Makan makanan yang bergizi (bernutrisi) sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Mengkonsumsi makanan bernutrisi tidak sesulit yang dibayangkan. Pilihan nutrisi yang tepat, jika ditinjau dari aspek ilmu pengetahuan memang kompleks, namun sebenarnya cukup sederhana jika ditinjau dari kebutuhan utama untuk hidup sehat. Saat ini banyak keluarga lebih memilih untuk membeli makanan siap saji dari pada memasak sendiri di rumah. Mereka berpikir bahwa itu yang termurah dan tercepat untuk mengkonsumsi makanan. Dan biasanya mereka tidak memperdulikan asupan nutrisinya, tetapi sekedar mengisi perut dan kenyang. Dampak terhadap kesehatannya juga tidak diperdulikan, seperti : bagaimana kandungan kalorinya, kandungan gulanya, bagaimana kebersihan dalam penyajiannya, dan faktor lainnya.

Tips Memberikan Makanan Bernutrisi Untuk Anda Dan Keluarga

Mulailah dengan kebiasaan menyiapkan makanan dengan memasak sendiri di rumah. Memasak makanan yang sehat dan bernutrisi tidak akan membutuhkan waktu yang lama dan juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan membeli makanan siap saji. Dengan memasak sendiri di rumah anda dapat meningkatkan kesehatan dan usia harapan hidup keluarga anda semua. Kebiasaan ini bisa dimulai sejak anak-anak masih kecil. Libatkan anak-anak dalam menyiapkan makanan, karena biasanya anak-anak senang melakukan hal-hal seperti: mencampur, mengaduk dan membuat sesuatu. Sehingga mereka nanti mempunyai kemampuan untuk memasak, menyiapkan dan mengkonsumsi makanan bernutrisi hingga mereka dewasa. Ajarkan juga kepada anak-anak bagaimana memilih, memasak, menyimpan dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

Anak-anak biasanya tidak menyukai sayur-sayuran. Anda bisa menyelipkan bahan makanan bernutrisi di menu makanan kesukaan mereka. Misalnya, dengan menambahkan kacang-kacangan yang dihaluskan ke kue atau cake, menambahkan susu di puding atau jus buah. Dan yang tidak kalah penting, jika anda ingin memberikan pujian atau hadiah, sebaiknya berupa pelukan atau ciuman dan kata-kata yang memotivasi, misal pada saat anak-anak menghabiskan makanan atau melakukan sesuatu dengan baik. Hindari hadiah berupa makanan atau permen, karena anak-anak akan berpikir bahwa itu makanan yang baik dan sehat.

Tips Makanan Bernutrisi Untuk Anda Dan Keluarga

  • Konsumsi makanan warna pelangi. Setiap waktu makan, selalu konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan dengan warna cerah akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh namun tanpa banyak mengandung kalori. Bahkan ada beberapa kulit buah yang juga bermanfaat jika dikonsumsi.
  • Batasi pemakaian garam. Pemakaian garam yang berlebihan bisa menyebabkan darah tinggi lalu stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal.
  • Konsumsi makanan yang berserat. Faktor ini yang paling penting dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Makanan berserat tidak sulit untuk dipenuhi, karena bisa ditemukan di buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang biasanya sudah masuk dalam menu harian.
  • Konsumsi cukup protein. Protein bisa didapatkan dari daging, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, susu dan telur.
  • Konsumsi juga bawang putih. Bawang putih merupakan makanan yang bermanfaat sebagai antibiotik. Bisa dipakai sebagai bumbu dalam masakan atau langsung dikonsumsi.
  • Hindari minuman bersoda. Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan.
  • Sesekali konsumsi produk olahan susu (dairy products), seperti yoghurt, susu skim, dll. Namun jangan berlebihan, karena bisa membuat kegemukan (berlemak).

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah selalu libatkan seluruh anggota keluarga dalam perencanaan pemilihan menu harian. Ini akan mengajarkan kepada mereka untuk senantiasa bertanggung jawab dalam memenuhi asupan nutrisi dalam setiap pola makannya.

 

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10