Untung Rugi Menggunakan Alat Kontrasepsi Kondom dan IUD

Untung rugi menggunakan alat kontrasepsi sering menjadi pertimbangan utama bagi pasangan yang aktif melakukan hubungan seksual. Di zaman modern seperti sekarang ini, mencegah dan menunda kehamilan sudah menjadi hal biasa. Karena itu, ada banyak alat kontrasepsi yang bisa menjadi pilihan dan sesuai dengan cocok-tidaknya pengguna. Bermacam alat kontrasepsi bisa menjadi pilihan dan digunakan oleh banyak orang. Kondom, IUD, suntik, dll. Selain bisa mencegah kehamilan dan tertularnya penyakit kelamin, alat kontrasepsi juga ternyata memberikan beberapa efek tidak nyaman. Para penggunanya banyak yang memberikan pendapat dan testimoni bahwa ada juga kerugian dalam menggunakan alat kontrasepsi. Namun untung rugi menggunakan alat kontrasepsi ini tentu bisa disikapi dengan lebih bijak demi meraih tujuan utama.

Untung Rugi Menggunakan Alat Kontrasepsi Kondom

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang banyak digunakan dewasa ini. Selain mudah didapat, dijual di pasaran, dan penggunaan yang mudah, fungsinya mencegah sperma masuk ke dalam sel telur menjadikan kondom menjadi alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit kelamin. Namun tetap saja, ada untung rugi menggunakan alat kontrasepsi kondom. Untungnya antara lain keefektifan kondom yang cukup tinggi dalam mencegah kehamilan. Lalu, kondom juga mencegah infeksi menular seksual seperti HIV. Selain itu, kondom juga dijual dalam berbagai ukuran yang sesuai dengan alat kelamin pria. Tentu ini memudahkan siapapun yang melakukan hubungan seksual karena bisa lebih fleksibel dalam memilih alat kontrasepsi. Keuntungan lainnya, kondom mudah digunakan dengan sekali pakai dalam sekali hubungan seks.

Selain keuntungan, ada beberapa pengalaman pengguna kondom dan memberikan testimoni mengenai kerugiannya. Menurut mereka, menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual bisa mengurangi sensasi dan rasa nikmatnya. Meski hal ini termasuk ke dalam salah satu mitos, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa hal itu termasuk benar karena pengaruh psikologis penggunanya. Kerugian kedua adalah jika menggunakan kondom secara tidak hati-hati, kondom bisa lepas dan copot. Keteledoran pengguna seperti ini masih bisa tetap terjadi dan mengakibatkan kehamilan atau tertularnya penyakit kelamin. Lain lagi bagi pengguna kondom yang memiliki kulit sensitif. Beberapa kulit sensitif bisa mengalami alergi akibat dari bahan kimia pembuatan kondom yang berbahan lateks. Mengalami alergi di bagian sensitif tentu sangat tidak nyaman. Pelajari untung rugi menggunakan alat kontrasepsi kondom agar Anda merasa nyaman saat menggunakannya.

Untung Rugi Menggunakan Alat Kontrasepsi IUD

Selain kondom, ada lagi salah satu jenis alat kontrasepsi yang sering diperdebatkan untung dan ruginya yaitu IUD. IUD adalah salah satu jenis alat kontrasepsi serupa benang yang dipasang di dalam tubuh wanita. Selama ini sudah banyak wanita yang menggunakan IUD dan merasakan manfaatnya dalam mencegah kehamilan. Beberapa keuntungan menggunakan IUD sebagai alat kontrasepsi antara lain hanya memerlukan satu kali pemasangan. Anda hanya perlu sekali memasang benang IUD dan terhindar dari kehamilan. IUD juga bisa mencegah kehamilan dalam jangka panjang, sangat cocok bagi para ibu yang ingin menunda kehamilan setelah anak pertama lahir. IUD juga tidak berpengaruh pada kesuburan seseorang. Ketika benang IUD dilepas, kesuburan wanita akan kembali seperti semula. Efektivitas IUD juga terbilang tinggi sebagai alat kontrasepsi.

Namun, tentu ada untung rugi menggunakan alat kontrasepsi IUD ini. Sebelum memasang benang IUD, diperlukan pemeriksaan yang membutuhkan proses cukup panjang. Pemasangan dan pencabutan IUD juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena harus dalam pengawasan dokter dan oleh tenaga ahli. Karena pemasangan IUD di dalam tubuh, jadi tidak bisa mencegah penularan infeksi menular seksual termasuk HIV. Biasanya untung rugi menggunakan alat kontrasepsi IUD ini sudah dipikirkan masak-masak oleh pengguna yang rata-rata pasangan yang sudah menikah.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10