Akupuntur dan Kesehatan Kulit

Untuk memiliki kulit yang cantik dan indah pasti merupakan impian semua wanita di dunia. Tetapi untuk mencari metode yang terbaik dalam dunia kecantikan tidaklah mudah, terutama sejak munculnya bedah kosmetik dan intervensi ‘non-bedah’ seperti suntikan botox, suntikan kolagen dan sejenisnya. Dengan latar belakang ini, salah satu terapi kuno ini yaitu akupuntur mampu memberikan peremajaan wajah tanpa menggunakan operasi, obat-obatan atau bahan kimia.

Manfaat Akupuntur dan Kesehatan Kulit

Manfaat akupuntur dan kesehatan kulit telah dikenal luas manfaatnya. Akupuntur sekarang dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Sungguh menakjubkan bahwa akupuntur ditemukan sebagai aplikasi dalam industri perawatan kulit. Akupuntur untuk jerawat sekarang sedang diusulkan oleh beberapa dokter keluarga dan spesialis kulit sebagai bagian tambahan regimen perawatan kulit untuk klien mereka.

Akupuntur untuk kosmetik dirancang untuk meremajakan kulit supaya terlihat bercahaya bahkan tampak muda dan kulit menjadi sehat. Ahli akupuntur mengklaim bahwa akupuntur dapat menghapus bintik-bintik jerawat, rosacea, atau bintik-bintik hitam karena usia. Selain jerawat, pengobatan dengan akupuntur ini juga dapat memperkuat otot-otot wajah untuk face lift instan. Hal ini dapat meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, menghilangkan kerutan dan meningkatkan kulit.

Bagi beberapa orang, ada saatnya ketika mereka beralih ke akupuntur untuk kesehatan kulit seperti untuk pengobatan jerawat. Keuntungan memiliki kulit bersih tanpa harus menggunakankan banyak bahan kimia  pada kulit adalah lebih baik. Dengan demikian, kemungkinan kulit yang dirugikan oleh bahan kimia secara drastis berkurang. Dengan campur tangan akupuntur, pasien menggunakan tubuhnya sendiri untuk menyembuhkan jerawat.

Jadi, jika sudah bosan dan bingung dengan bahan kimia atau obat yang biasa digunakan pada kulit dan mengkhawatirkan efek sampingnya, maka mungkin bisa dicoba obat alami yaitu menemui ahli akupuntur.

Perkembangan Akupuntur di Dunia Kesehatan Kulit

Akupuntur telah dipraktekkan selama ribuan tahun. Ada banyak metode praktek yang berbeda, dari Asia-Pasifik dan yang terbaru adalah praktek mikrosistem dan ‘pemicu titik’ dikembangkan di Eropa dan Amerika Serikat. Metode yang paling terkenal adalah pengobatan tradisional Cina yang tidak diragukan lagi. Digunakan di Cina selama ribuan tahun, telah berkembang di Barat sejak zaman perintis 1970-an. Praktisi modern sekarang dapat menambah pelatihan pada dokter umum dengan mempelajari seni akupuntur untuk kosmetik, yaitu bagaimana memanfaatkan aliran Qi (energi vital) untuk membuat wajah lebih bersinar dan lebih muda.

Teori pengobatan tradisional Cina ini sangat kompleks dan sederhana pada saat yang sama. Qi diyakini mengalir secara teratur dan tertata melalui dua jalur bebas yang disebut meridian. Ada lebih dari delapan meridian luar biasa yang berperan sebagai reservoir bagi Qi dari dua belas meridian biasa. Jika kondisi Qi optimal sepanjang dua puluh saluran, tubuh memiliki kesehatan 100%. Kondisi Qi tercermin terlihat dalam manifestasi lahiriah, termasuk kilau pada kulit, mata yang bersinar, dan rambut yang bersinar. Meningkatkan Qi lokal di wajah memiliki efek menguntungkan dapat diamati secara lahiriah.

Selain itu, karena beberapa saluran melintasi wajah, membentuk matriks Qi yang rumit pada seluruh tubuh juga memberikan manfaat. Pada perut, kandung kemih, empedu, san jiao dan meridian usus kecil. Ditambah semua meridian yang dangkal di wajah, serta meridian lain yang memiliki jalur yang lebih dalam di wajah, dipengaruhi saluran Qi yang mungkin akan menguntungkan. Setiap meridian memiliki ‘pasangan’ yang akan dipasangkan. Akhirnya semua meridian reguler interkoneksi baik satu sama lain dengan meridian saluran luar biasa. Hal ini menjelaskan mengapa akupuntur kadang-kadang memilih lokasi titik jarum yang ‘aneh’, jauh dari tubuh yang terkena area tersebut. Karena memang walaupun jauh masih mampu mempengaruhi energi matriks yang rumit dibawahnya serta memilih titik lokalnya.