Alergi: Fakta dan Cara Mengatasinya

Alergi adalah tidak bereaksinya sistem kekebalan tubuh terhadap alergen yang masuk kedalam tubuh. Alergen adalah setiap zat yang menyebabkan reaksi alergi pada individu. Ada ribuan alergen yang diketahui yang dapat menyebabkan gejala alergi termasuk alergi pernapasan, alergen tertelan, dan alergen kontak kulit. Alergen tertelan melalui makanan yang dikonsumsi dan pengobatan.

Fakta-fakta Alergi

  • Diperkirakan sekitar 50 juta penduduk Amerika dipengaruhi oleh kondisi-kondisi alergi.
  • Biaya dari alergi di Amerika adalah lebih dari US$ 10 milyar setiap tahunnya.
  • Alergi rhinitis (alergi hidung) mempengaruhi sekitar 35 juta penduduk Amerika, 6 juta darinya adalah anak-anak.
  • Asma mempengaruhi 15 juta penduduk Amerika, 5 juta darinya adalah anak-anak.
  • Angka dari kasus-kasus asma berlipat ganda selama 20 tahun terakhir.

Cara Mengatasi Alergi

  • Menjaga kelembaban ruangan dengan mengatur sirkulasi angin dan udara.
  • Menjaga kebersihan pakaian dan mengganti sprei sedikitnya seminggu sekali.
  • Membersihkan pekarangan dan memastikan tidak ada tumpukan sampah dan genangan air yang akan menjadi tempat timbulnya jamur.
  • Konsultasi dengan dokter dan melakukan tes alergi untuk mengetahui allergen-allergen yang harus dihindari.

Gejala yang mungkin terjadi akibat alergi adalah: rasa gatal pada tenggorokan; gatal pada mulut; gatal pada mata; gatal pada kulit atau bagian tubuh lainnya; sakit kepala; hidung tersumbat atau hidung meler; sesak napas; bengek; kesulitan menelan; mendadak pilek dan bersin-bersin, dll. Pengobatan alergi tergantung pada jenis dan berat gejalanya. Tujuan pengobatannya bukanlah menyembuhkan melainkan mengurangi gejala dan menghindari serangan yang lebih berat di masa yang akan datang. Gejala yang ringan biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Gejala akan menghilang beberapa saat kemudian.

Ada banyak perawatan dan terapi yang tersedia, termasuk akupunktur, untuk membantu orang mengatasi gejala alergi.Bagaimana akupunktur membantu mengobati alergi?

Praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah menggunakan akupuntur selama ribuan tahun sebagai proses penyembuhan alami untuk menyeimbangkan Yin dan Yang dalam tubuh. Konsepnya adalah bahwa tubuh Qi, kekuatan energi vital, harus bebas mengalir sepanjang meridian tubuh tanpa obstruksi. Akupunktur adalah metode alami dari mengobati penyakit dan melibatkan merangsang dan menyeimbangkan Qi melalui poin, acupoints terletak di seluruh tubuh. Akupunktur bekerja untuk mengatasi alergi dengan mengurangi reaksi berlebihan tubuh terhadap alergen, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu untuk menormalkan fungsi tubuh secara keseluruhan dengan menyeimbangkan tubuh Qi.