Alergi Kacang – Penyebab dan Cara Menghindarinya

Tahukah Anda bahwa kacang tanah dan kacang pohon adalah sumber utama reaksi alergi yang parah atau anafilaksis? Hal ini disebabkan karena konsumsi terlalu banyak kacang tanah menyebabkan orang akan terpengaruh dengan alergi kacang. Pada tahun 1999, studi tentang alergi kacang serta alergi pohon di Amerika Serikat menemukan bahwa hampir 1,1% dari populasi Amerika menderita alergi kacang tanah. Ini cukup menarik bahwa sebagian besar yang terkena “positif untuk alergi kacang” adalah orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Sampai saat ini penyebab alergi makanan dan terutama alergi terhadap kacang masih belum diketahui dengan pasti. Celakanya, banyak sekali produk berbahan dasar kacang tanah seperti : selai kacang & tepung kacang tanah, tanah atau kacang-kacangan, sereal, granola, biji bunga matahari, roti gandum, bar energi, dan salad dressing yang beredar di pasaran. Inilah sebabnya mengapa mereka yang menderita alergi kacang harus selalu waspada.

Apapun alasan untuk mengembangkan penelitian tentang alergi terhadap kacang, kenyataan menunjukkan bahwa alergi kacang jelas berbahaya, namun dapat dicegah. Lebih banyak orang di Amerika menderita alergi kacang dibandingkan alergi makanan lain dan beberapa dari mereka, konsumsi kacang dalam jumlah yang sangat kecil bisa berakibat fatal. Dari sekian banyak jumlah kasus syok akibat anafilaksis atau reaksi alergi yang mengancam jiwa setiap tahun, 80%nya disebabkan oleh alergi kacang tanah. Bahkan kontak sekecil apapun dengan kacang atau produk kacang tanah bisa menyebabkan masalah besar bagi banyak penderita.

Cara Menghindari Alergi Kacang

Suatu hal yang aneh tentang alergi kacang adalah bahwa pertama kali seseorang terkena kacang mereka tidak memiliki masalah, tapi kedua kalinya mereka bisa memiliki reaksi. Dewan Kacang Amerika menyatakan tidak ada obat untuk alergi kacang dan tidak ada perawatan untuk menghilangkan atau mengurangi serangan alergi kacang. Institut Nasional Alergi dan Penyakit Infeksi dan Dewan Kacang Amerika sepakat satu-satunya cara untuk mencegah reaksi alergi adalah dengan ketat menghindari kacang atau produk kacang.

Tips untuk membantu Anda dan orang yang Anda cintai menghindari masalah alergi kacang:

  1. Baca semua label pada makanan yang Anda beli. Jika Anda memiliki keraguan, anda dapat mencatat informasi pabrik dan menghubungi mereka. Periksa dengan Website Alergi Kacang atau tempat serupa untuk melihat apakah mereka memiliki informasi tambahan.
  2. Pelajari semua nama yang berbeda untuk kacang dan produk kacang, karena ini bervariasi di seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk menghindari makanan yang mengandung kacang yang berasal dari luar negeri.
  3. Menghubungi orang yang bertanggung jawab atas makanan di sekolah anak Anda dan meminta mereka untuk tidak melayani makanan dengan produk kacang di dalamnya. Anda mungkin bisa mendapatkan daftar apa yang mereka beli dan periksa sendiri.
  4. Pastikan restoran yang sering anda kunjungi memiliki kebijakan untuk menyediakan info setiap makanan yang mengandung kacang. Tanyakanlah pada manajer atau koki jika anda tidak yakin dengan makanan yang akan anda makan.
  5. Hindari semua jenis kacang-kacangan, baik kacangnya sendiri maupun makanan yang mengandung kacang.
  6. Hati-hati berbagi makanan atau peralatan yang memungkinkan terjadinya kontaminasi silang jika ada selai kacang di rumah Anda atau di mana anda berkunjung.
  7. Berhati-hatilah jika mencium seseorang yang mungkin telah mengkonsumsi produk kacang terutama anak-anak. Berikan pengertian pada semua orang agar menyadari masalah Anda sehingga mereka tidak merasa diremehkan jika anda tidak mencium mereka.
  8. Selalu waspada bahwa bahkan kacang tanah dalam jumlah yang sangat kecil punya potensi membunuh Anda maupun yang anda cintai.
  9. Jangan menyangkal dan segera periksa ke dokter jika Anda menduga bahwa anda atau seseorang yang anda kenal memiliki alergi kacang.
  10. Mengenakan gelang identifikasi medis alergi kacang bisa menyelamatkan hidup Anda.