Belajar Akupunktur : Perkembangan Akupunktur dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Belajar Akupunktur

Sudah lama akupunktur dikenal sebagai metode pencegahan sekaligus penyembuhan penyakit yang bebas efek kimia obat. Metode tradisional yang juga tradisi Cina, Korea dan Jepang ini makin luas diterapkan di negara-negara Eropa. Karena itu banyak orang Eropa yang belajar akupuntur sampai ke Cina.

Akupuntur dinilai unggul karena tidak berurusan dengan bahan kimia. Satu-satunya yang dibutuhkan ialah jarum bermata kecil, tajam dan steril, yang dimasukkan ke dalam titik-titik tubuh yang sesuai. Karena itu, akupuntur dianggap sebagai alternatif pengobatan yang lebih harmonis terhadap tubuh.

Sekilas mengenai perkembangan akupuntur, di Indonesia akupuntur sudah dikenal lama. Sejak tahun 1963 praktik akupuntur sudah hidup berdampingan dengan praktis medis. Metode ini tergolong populer dan punya banyak peminat. Presiden Republik Indonesia pertama Ir. Soekarno juga sempat menjalani akupuntur sebelum meninggal. Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta juga memiliki divisi khusus akupuntur, yaitu Departemen Medik Akupuntur.

Kini, akupuntur tidak cuma berfungsi untuk pengobatan. Melainkan juga berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Misalnya, banyak orang sengaja belajar akupuntur untuk kecantikan, melangsingkan bobot tubuh, hingga mengatasi stres.

Pasar yang terus meluas ini memancing bertumbuhnya praktisi akupuntur. Saat ini sudah banyak sekolah akupuntur yang memang ditujukan untuk mencetak praktisi dengan keahlian akupuntur yang spesifik. Jika Anda tertarik, perhatikan tiga poin utama sebelum belajar akupuntur.

  • Akupunktur bukan metode main-main. Ada lebih dari 365 titik akupuntur pada tubuh manusia, yang semuanya memiliki nama sendiri-sendiri, biasanya berdasarkan fungsi ataupun lokasi. Karena itu, belajar akupuntur membutuhkan proses tak singkat. Biasanya, lama pendidikan sekitar 2-4 tahun tergantung spesifikasi keahlian yang dipilih.
  • Tentukan tujuan. Ingin menjadi praktisi di bidang apa? Apakah akupuntur untuk kecantikan, melangsingkan berat badan atau untuk menyembuhkan penyakit serius lainnya.
  • Pilih pendidikan atau sekolah akupuntur yang memiliki akreditasi jelas. Cari tahu kredibilitas pengajarnya dan sempatkan meriset lulusan sekolah tersebut. Jika memungkinkan, bertanyalah pada para alumni itu. Akreditasi penting untuk izin praktek.

Di Jakarta cukup banyak sekolah ataupun kursus akupuntur. Untuk memilih pendidikan yang tepat, carilah informasi belajar akupuntur sebanyak mungkin.