Cara Menghilangkan Alergi – Pemicu Alergi Dan Cara Mengatasinya

Alergi biasa didefinisikan sebagai reaksi abnormal tubuh akibat kontak dengan zat-zat tertentu. Disebut abnormal karena reaksi tersebut, dalam kondisi normal di orang lain, tidak akan terjadi. Karena sifatnya yang spesifik, maka satu-satunya cara menghilangkan alergi harus diawali dengan pengetahuan zat-zat apa saja yang bisa memacu reaksi abnormal tersebut. Dalam dunia kesehatan, zat-zat itu dinamai allergen.

Beberapa contoh allergen ialah jenis rumput tertentu, serbuk sari, susu, telur, beberapa jenis kacang, bulu binatang, debu, beberapa jenis kulit pohon, penisilin, beberapa jenis hewan laut, serta tepung. Allergen ini bisa mengakibatkan alergi jika masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernafasan, suntikan, kontak langsung atapun melalui makanan. Bisa juga seseorang mengalami alergi karena udara dingin ataupun karena bersentuhan dengan logam tertentu. karena itu cara menghilangkan alergi bersifat sangat personal dan spesifik, tidak bisa disamaratakan.

Biasanya orang yang mengalami alergi akan bersin, batuk-batuk, serak, sesak nafas, hingga mimisan. Pada kulit, alergi terdeteksi dari warna kulit yang memerah serta berbintik-bintik, bentol seperti digigit serangga atau bisa juga merah kebiruan seperti lebam. Adapun pada sistem pencernaan, gejala alergi dapat diketahui dari rasa mual, perut terasa nyeri, kembung, sering buang angin ataupun muntah dan diare.

Cara mengatasinya:

Alergi bisa terjadi pada manusia segala usia, tidak peduli masih anak-anak ataupun sudah dewasa. Ada yang menderita alergi karena mewarisi sifat alergi kedua orangtuanya, tapi ada juga yang mengalami alergi bersifat non genetik. Sebisa mungkin hindari zat yang menyebabkan alergi.

Cara menghilangkan alergi bisa dimulai dari menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan. Tindakan preventif ini bisa meminimalkan reaksi tubuh ketika terjadi kontak dengan alergen. Selain itu, jauhkan diri dari alergen. Jika alergi udang, tentu tidak perlu memaksakan diri untuk menyantap hidangan asal laut tersebut. Jika alergi bulu binatang, sebaiknya tidak memelihara di lingkungan rumah, apalagi di dalam rumah. Alergi debu bisa diminimalisir dengan menggunakan masker penutup hidung dan mulut saat membersihkan rumah.

Memang, tersedia obat-obatan untuk mengobati reaksi alergi. Tapi ingatlah, obat tersebut tidak menyembuhkan, hanya meredakan atau mematikan gejala saja. Pada beberapa kasus alergi makanan, lama kelamaan tubuh bisa menyesuaikan diri dengan beberapa jenis makanan penyebab alergi. Sebetulnya, kondisi ini yang sering disebut awam sebagai hilangnya alergi seseorang. Padahal yang lebih tepat ialah gejala alergi yang makin samar. Apapun cara menghilangkan alergi hanya akan membuat gejala makin tidak kentara, bukan sepenuhnya hilang.