Manfaat Akupuntur Kaki

Akupunktur merupakan praktik tradisional ala Tiongkok yang biasanya digunakan untuk penyembuhan dari

praktik pengobatan tradisional Tiongkok yang didasarkan pada gagasan bahwa penyumbatan atau gangguan aliran energi kehidupan tubuh, atau qi , dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ahli akupunktur memasukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu di seluruh tubuh untuk menyeimbangkan energi tubuh, merangsang penyembuhan, dan meningkatkan relaksasi . 1

Kaki kita, yang menopang berat seluruh tubuh, memungkinkan penggerak dan melakukan banyak pekerjaan. Namun, mereka adalah bagian tubuh yang paling tidak dimanjakan. Untuk memanjakan kaki Anda dan membuatnya kuat dan fleksibel, pijat kaki setiap hari selama beberapa menit adalah pilihan yang baik.

Pijat kaki secara teratur bersama dengan refleksologi membantu meningkatkan kesehatan fisiologis dan fisik.

Pijat refleksi adalah praktik penyembuhan kuno yang didasarkan pada prinsip bahwa ada titik-titik refleks pada kaki yang sesuai dengan berbagai organ dan kelenjar tubuh. Ingatlah bahwa kaki manusia adalah keajaiban evolusioner, yang mampu menangani ratusan ton gaya dan berat badan Anda saat bergerak. Ia memiliki 42 otot, 26 tulang, 33 sendi, 250.000 kelenjar keringat, dan setidaknya 50 ligamen dan tendon—ditambah hampir 15.000 ujung saraf!

Dalam refleksologi, tekanan diterapkan pada refleks-refleks ini pada kaki, yang meningkatkan kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari pijat kaki dan refleksi:

  • Meningkatkan sirkulasi darah:
    Karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak, banyak orang tidak menggunakan otot kaki mereka dengan benar, sehingga menghambat aliran darah yang baik. Selain itu, sepatu ketat dan runcing—terutama sepatu hak tinggi—menghambat sirkulasi. Pijat kaki selama sepuluh menit setiap hari membantu mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.
  • Membantu dalam relaksasi:
    Setelah hari yang melelahkan dan menegangkan, pijat kaki adalah cara yang menenangkan dan santai untuk bersantai, terutama setelah seharian berdiri dan berjalan-jalan, karena kaki cenderung membengkak. Pijat dan pijat refleksi 5 hingga 10 menit sebelum tidur dapat meningkatkan perasaan sejahtera secara umum.
  • Mempromosikan tidur yang lebih baik:
    Waktu terbaik untuk melakukan pijat kaki adalah sebelum tidur. Pijat kaki yang menenangkan dan merilekskan meningkatkan sirkulasi darah. Ini membantu dalam mendapatkan tidur yang damai.
  • Meredakan nyeri tubuh:
    Ini adalah bagian terbaik dari pijat refleksi. Jika dilakukan dengan hati-hati, ia mengobati rasa sakit dan nyeri seperti sakit kepala, migrain, sakit leher, sakit punggung bagian bawah dan atas.
  • Meningkatkan suasana hati dan melawan depresi:
    Pijat kaki dan refleksiologi membantu dalam memerangi depresi. Titik-titik tertentu pada kaki sangat membantu dalam mengurangi gejala depresi. Memijat titik-titik ini atau menekannya selama beberapa menit 2 atau 3 kali sehari dapat membantu meringankan gejala depresi.
  • Membuat kaki lebih sehat:
    Salah satu cara mudah untuk membantu menjaga kaki Anda tetap sehat dan bebas dari masalah kaki adalah pijat kaki secara teratur. Ini membantu merangsang otot-otot di sekitar kaki Anda, mengurangi kekakuan dan bahkan mengurangi rasa sakit di pergelangan kaki atau tumit. Plus, pijat kaki singkat 5 menit setiap hari akan membuat pergelangan kaki Anda kuat dan fleksibel, sehingga mencegah cedera pergelangan kaki dan kaki yang tidak menyenangkan.
  • Mengurangi pembengkakan (edema)
    Pijat kaki secara teratur selama kehamilan dapat membantu mengurangi efek edema, yaitu pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki akibat retensi cairan. Ini sangat umum selama kehamilan, terutama pada trimester terakhir.
  • ExtraTip : Telah ditemukan bahwa memijat kaki Anda dengan minyak zaitun hangat atau minyak kelapa dapat memberikan banyak bantuan dari rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh tendonitis kaki.