Manfaat dan Efek Samping Akupuntur

Seperti yang kami bahas sebelumnya, akupuntur adalah praktik pengobatan tradisional Tiongkok yang didasarkan pada gagasan bahwa penyumbatan atau gangguan aliran energi kehidupan tubuh, atau qi , dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ahli akupuntur memasukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu di seluruh tubuh untuk menyeimbangkan energi tubuh, merangsang penyembuhan, dan meningkatkan relaksasi.

Bagaimana Akupuntur Berfungsi?

Para peneliti tidak sepenuhnya memahami bagaimana akupuntur dapat bekerja, tetapi beberapa teori meliputi:

  • Akupuntur dapat merangsang pelepasan endorfin , bahan kimia penghilang rasa sakit alami tubuh.
  • Akupuntur dapat memengaruhi sistem saraf otonom , dan penempatan jarum dapat memengaruhi pernapasan, tekanan darah, dan detak jantung.

Untuk Apa Akupuntur digunakan?

Akupuntur mungkin berguna untuk berbagai kondisi, termasuk :

  • Kecemasan
  • Arthritis , yang menggambarkan kondisi yang melibatkan peradangan sendi
  • Sakit jangka panjang
  • Depresi
  • Insomnia , suatu kondisi yang melibatkan kesulitan terkait tidur
  • Migrain , yaitu sakit kepala hebat yang sering disertai gejala lain
  • Mual
  • Sinus tersumbat , atau hidung tersumbat
  • Menekankan
  • Infertilitas, yang menggambarkan kesulitan hamil
  • Kecanduan
  • Penampilan kulit

Apa Manfaat Akupuntur bagi Kesehatan?

Manfaat kesehatan dari akupuntur dapat bervariasi tergantung pada individu. Ingatlah bahwa mungkin diperlukan beberapa sesi akupuntur sebelum Anda merasakan manfaatnya.

Penelitian tentang manfaat akupuntur bagi kesehatan masih terbatas, namun ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa akupuntur bermanfaat untuk kondisi tertentu.

Nyeri punggung bawah

Sebuah studi tentang pilihan pengobatan non-obat untuk nyeri punggung bawah menunjukkan bahwa akupuntur menyebabkan rasa sakit yang kurang intens dan fungsi punggung yang lebih baik segera setelah perawatan. Namun, dalam jangka panjang, tidak jelas seberapa membantu pengobatan akupuntur.

Migrain

Penelitian tentang migrain yang dilakukan selama periode enam bulan menunjukkan bahwa:

  • Akupuntur mampu mengurangi frekuensi gejala migrain hingga setengahnya pada 41% dari mereka yang diteliti dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan akupuntur.
  • Akupuntur tercatat sama bermanfaatnya dengan obat migrain pencegahan.

Sakit kepala tegang

Menurut penelitian, memiliki setidaknya enam sesi akupuntur dapat membantu mereka yang sering mengalami sakit kepala atau tekanan, juga dikenal sebagai sakit kepala tegang . Studi ini juga mencatat bahwa akupuntur yang ditambahkan bersama dengan obat pereda nyeri menyebabkan frekuensi sakit kepala lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang hanya diberi obat.

Sakit lutut

Penelitian yang mengamati beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupuntur mungkin dapat meningkatkan fungsi fisik lutut dalam jangka pendek dan jangka panjang pada individu yang menderita osteoartritis . Dengan kondisi ini, jaringan ikat di lutut rusak. Studi ini juga menemukan bahwa akupuntur mampu membantu mereka yang menderita osteoarthritis lutut mengurangi nyeri lutut , tetapi ini hanya membantu dalam jangka pendek.

Tinjauan lain yang melihat beberapa penelitian menemukan bahwa akupunktur menunda dan mengurangi penggunaan obat nyeri pada mereka yang menjalani operasi penggantian lutut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu fungsi lutut dan nyeri lutut pada mereka yang menderita osteoartritis. Hal ini juga terkait dengan penggunaan obat pereda nyeri yang lebih sedikit setelah menjalani operasi penggantian lutut.

Elastisitas Wajah

Akupuntur kosmetik , juga dikenal sebagai akupuntur wajah, digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit di kepala, wajah, dan leher. Dalam sebuah penelitian kecil di mana individu memiliki lima sesi akupuntur dalam tiga minggu, lebih dari setengah peserta menunjukkan peningkatan elastisitas kulit, yang membantu kulit terlihat cantik.

Bagaimana Akupuntur Dilakukan?

Sebelum melakukan akupuntur, ahli akupuntur Anda akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik.

Selama sesi akupuntur, jarum tipis ditempatkan di area tertentu untuk mengatasi masalah atau kondisi Anda. Ahli akupuntur dapat dengan lembut memutar jarum untuk efek tambahan. Jarum sering dibiarkan selama 15 hingga 20 menit, dengan total sesi berlangsung dari 30 menit hingga satu jam.

Akupuntur Anda dapat menggunakan teknik tambahan selama sesi Anda termasuk: Ahli

  • Moksibusi : Ini melibatkan penggunaan tongkat yang dipanaskan, terbuat dari tumbuh-tumbuhan kering, yang dipegang di dekat jarum akupuntur untuk menghangatkan dan merangsang titik-titik akupuntur.
  • Elektroakupuntur : Perangkat listrik dihubungkan ke beberapa jarum, memberikan arus listrik lemah yang merangsang jarum akupuntur selama perawatan.
  • Bekam : Gelas atau cangkir silikon dioleskan pada kulit sehingga ada efek hisap, yang bertujuan untuk membantu merangsang aliran darah dan menyeimbangkan energi Anda.

Setelah perawatan, beberapa orang mungkin merasa rileks, sementara yang lain mungkin merasa energik. Jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa, Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Selama sesi akupuntur, ahli akupuntur Anda akan menempatkan jarum di area tertentu dan mungkin membiarkannya selama sekitar 20 menit. Teknik lain seperti memutar, atau menambahkan panas juga dapat dilakukan.

Apakah Akupuntur Sakit?

Anda mungkin merasakan sedikit sengatan, cubitan, nyeri, atau nyeri saat jarum akupuntur dimasukkan. Beberapa ahli akupuntur menggerakkan jarum setelah dimasukkan ke dalam tubuh, yang dapat menyebabkan tekanan tambahan.

Setelah jarum ditempatkan dengan benar, Anda mungkin merasakan kesemutan atau perasaan berat, yang disebut sebagai de qi.

Beri tahu ahli akupuntur Anda jika Anda merasa tidak nyaman atau sangat kesakitan pada titik mana pun selama sesi. Rasa sakit yang hebat mungkin berarti jarum belum dimasukkan atau ditempatkan dengan benar.

Apakah Akupuntur Memiliki Efek Samping?

Seperti pengobatan apapun, akupuntur dapat menyebabkan efek samping pada beberapa individu. Efek samping mungkin termasuk:

  • Nyeri dan pendarahan dari penyisipan jarum
  • Mual
  • Infeksi
  • Ruam kulit
  • Reaksi alergi
  • Memar di sekitar area jarum ditempatkan
  • Pusing

Yang kurang umum adalah efek samping yang serius seperti cedera pembuluh darah dan saraf , komplikasi dari patahnya jarum selama perawatan, cedera organ, serta cedera otak dan sumsum tulang belakang. Meskipun jarang terjadi, komplikasi akupuntur dapat menyebabkan kematian.

Untuk mengurangi risiko efek samping, akupuntur harus selalu dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan berlisensi dan terlatih dengan menggunakan jarum bersih dan sekali pakai.

Sebaiknya bicarakan dengan dokter perawatan primer Anda sebelum mendapatkan akupuntur, karena perawatan ini mungkin tidak tepat untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Kesimpulan

Para peneliti tidak begitu yakin bagaimana akupuntur bekerja, namun, teori menunjukkan bahwa itu dapat membantu melepaskan endorfin, serta mempengaruhi sistem saraf otonom.

akupuntur dapat membantu untuk berbagai masalah, termasuk beberapa gangguan kesehatan mental, nyeri, kondisi peradangan, stres, dan penampilan kulit. Namun, perlu diingat bahwa akupuntur dapat menyebabkan efek samping ringan atau serius pada beberapa individu.

Sesi akupuntur dapat berlangsung dari 30 menit hingga satu jam dan biasanya melibatkan sekitar 20 menit dengan jarum masuk. Beberapa individu mungkin merasakan sakit atau tekanan saat jarum dimasukkan, sementara yang lain mungkin merasakan sensasi yang berbeda saat jarum ditusukkan.

Akhir Kata

Jika Anda mengalami kesulitan mengelola rasa sakit atau masalah kesehatan lainnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba akupuntur. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu untuk mendiskusikan apakah itu pilihan terbaik untuk Anda.