Mencari dan Menemukan Dokter Akupuntur Berlisensi

Dokter akupuntur, sebuah profesi yang belum cukup populer. Mungkin masih banyak di antara kita yang bertanya-tanya apakah yang harus dilakukan untuk menjadi seorang praktisi tusuk jarum atau akupuntur? Lazimnya, apabila seseorang mempertimbangkan untuk berkarir di bidang kesehatan, maka pilihan yang paling populer adalah menjadi perawat atau dokter. Akan tetapi, banyak yang belum mengetahui bahwa dokter bukan hanya seperti yang biasa kita kenal selama ini, yaitu bekerja dengan obat-obatan konvensional. Telah kita ketahui bersama bahwa praktek kesehatan holistik juga berkembang dengan pesat. Tusuk jarum atau akupuntur adalah salah satunya.

Akupuntur adalah metode pengobatan tertua yang dikenal oleh manusia. Di Indonesia sendiri, telah ada organisasi resmi di bawah naungan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) yang khusus menghimpun para dokter tusuk jarum yang diberi nama Perhimpunan Dokter Akupuntur Indonesia atau PDAI.

Cara Menemukan Dokter Akupuntur

Sampai saat ini cara yang banyak digunakan untuk menemukan tempat praktek dokter tusuk jarum (akupuntur) adalah dengan mencari informasi dari teman, saudara, kolega atau dari mulut ke mulut. Melalui metode konvensional saja, kita akan mampu menemukan ratusan tempat praktek akupuntur biasa. Akan tetapi, patut kita waspada bahwa di antara begitu banyak tempat praktek, akan terdapat banyak sekali yang tidak berlisensi resmi. Tidak berlisensi atau bersertifikat berarti bahwa dokter yang berpraktek tidak memiliki ijin dari IDI atau pihak terkait untuk membuka praktek.

Cara kedua yang paling mudah adalah dengan mencarinya melalui media online. Di jaman sekarang, media internet memiliki jaringan yang sangat luas. Dengan mudah kita akan menemukan nama serta alamat praktek dokter tusuk jarum (akupuntur) tanpa harus repot bertanya kesana-kemari. Cara lain yang dapat kita gunakan adalah dengan mengontak rumah sakit atau klinik terdekat atau IDI. Sebagai organisasi yang membawahi praktisi kesehatan, maka IDI memiliki database tentang daftar dokter atau praktisi akupuntur yang berlisensi.

Ciri Dokter Akupuntur berlisensi

Dokter atau praktisi berlisensi memiliki keahlian yang sesuai dengan bidangnya. Sudah pasti, dirinya menguasai baik teori maupun praktek tusuk jarum. Lisensi juga menjadi satu ciri khusus bahwa si dokter adalah profesional yang telah diakui kemampuannya oleh IDI. Secara umum, dengan memilih hanya dokter terpercaya, maka resiko terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan dapat diminimalisir.

Melalui beberapa fakta di atas, kini kita tahu bahwa mencari seorang dokter akupuntur berlisensi adalah hal mutlak yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas pelayanan serta keamanan kita sebagai pasien.