Persiapan Aerobik

Persiapan aerobik. Men sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Bagaimana cara mewujudkannya? Tentu saja dengan berolahraga. Tak perlu beralasan tak punya waktu atau terlalu sibuk untuk mengabaikan olahraga dalam kehidupan Anda. Ada banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan, dari sekadar berjalan kaki keliling komplek, bersepeda, berenang, atau aerobik.

Aerobik merupakan olahraga yang menggunakan otot-otot besar seperti otot lengan, ritmis, dengan penggunaan oksigen maksimal. Jadi, senam body language, body conditioning, taebo, dan senam lainnya adalah termasuk aerobik. Ritmis karena ada irama tertentu dengan diikuti gerakan-gerakan dan terus-menerus saat melakukan kegiatan aerobik. Misalnya, latihan aerobik ditentukan waktunya selama 30 menit. Jadi, selama waktu itu gerakan dilakukan.

Persiapan aerobik. Sebelum melaksanakan senam aerobik untuk pertama kali, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan kepada dokter terutama jika Anda berusia 35 tahun ke atas dan belum pernah melakukan olahraga secara teratur. Hal ini berlaku juga bagi seseorang yang berusia di bawah 35 tahun namun memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik. Konsultasi kesehatan ini bertujuan untuk mencegah risiko yang akan terjadi selama melakukan aerobik. Selain itu Anda dapat memperoleh saran tepat sehubungan dengan kondisi kesehatan Anda saat berolahraga.

Lakukan aerobik dalam kondisi badan sehat dan cukup beristirahat. Jangan paksakan berolahraga jika Anda sedang sakit karena kinerja fisik justru tidak akan optimal. Apabila Anda berolahraga tidak dalam kondisi fit (segar dan sehat), sebaiknya kurangi tingkat intensitas latihan atau tunda saja latihannya.

Persiapan aerobik. Gunakan pakaian dari bahan yang mampu menyerap keringat, tidak terlalu ketat, dan mampu menyerap panas tubuh dengan baik. Wanita dianjurkan untuk menggunakan sport bra yang memang didesain khusus untuk aktivitas olahraga sehingga berolahraga menjadi lebih tenang dan nyaman, hindari bra berkawat yang kaku. Pilih sepatu olahraga bertipe running atau jogging shoes, dengan menggunakan kaus kaki yang tebal dan nyaman yang berfungsi melindungi tulang kaki dari risiko cedera.