Persiapan Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang dapat menenangkan pikiran dan membuatnya menjadi lebih fokus. Yoga menekankan latihannya pada teknik pernapasan, meditasi, dan kelenturan tubuh. Meski tampaknya tak banyak aktivitas yang dilakukan saat yoga (hanya berganti-ganti pose saja), namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama sebelum beryoga.

Hindari memulai latihan dalam kondisi perut penuh, agar gerakan yoga tidak mengganggu sistem pencernaan Anda. Makanlah dua jam sebelum atau satu jam setelah latihan. Selain itu gunakan pakaian yang paling nyaman dan dapat mendukung Anda melakukan pose-pose yoga dengan bebas. Sepatu tak digunakan saat melakukan olahraga ini.

Selalu lakukan pemanasan sebelum memulai. Agar dapat melakukan pemanasan secara optimal, sebaiknya datanglah ke tempat latihan beberapa menit sebelum latihan dimulai. Ini menghindarkan Anda dari rasa terburu-buru karena terlambat dan dapat mengawali yoga dengan perasaan lebih tenang. Lagipula jika Anda terlambat, Anda dapat mengusik konsentrasi peserta lainnya yang telah lebih dulu berlatih.

Jika Anda termasuk pemula dalam melakukan yoga, ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai latihan yoga yang akan Anda ikuti. Ada banyak jenis yoga dengan tujuan dan efek yang beragam pula. Pastikan Anda mengetahui yoga jenis mana yang akan Anda ikuti, pelajari dasar-dasarnya. Jangan sungkan untuk bertanya pada instruktur mengenai gerakan-gerakan yoga tertentu yang belum Anda pahami.

Fokuskan diri Anda pada gerakan yoga. Jangan terusik soal seberapa sulit atau seberapa aneh gerakan yang akan Anda lakukan. Yoga tidak melulu soal kesempurnaan pose yang berhasil Anda tunjukkan, namun lebih kepada seberapa besar usaha Anda saat melakukannya. Namun jika ada bagian tubuh yang terasa sakit, berhentilah sejenak, jangan memaksakan diri.

Pastikan Anda berlatih dengan instruktur ahli dan profesional agar Anda tak hanya bisa melakukan pose yoga namun juga mempelajari makna dan filosofi di baliknya. Jika Anda memiliki riwayat cidera persendian, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum melakukan latihan.