Sakitkah Akupuntur?

Akupuntur dikenal sebagai pengobatan yang efektif dan aman bagi pasien ketika berobat untuk menghilangkan penyakit di tubuhnya. Karena popularitasnya, banyak orang yang bertanya-tanya pada diri sendiri, “Apakah akupuntur sakit?”. Mengingat pengobatan ini menggunakan jarum. Namun, sebelum menanyakan lebih jauh, apakah pengobatan ini benar-benar sakit atau tidak, pertama-tama harus diketahui apa manfaatnya bagi orang yang akan melakukan akupuntur. Melalui pengobatan ini beberapa macam penyakit, seperti sakit punggung, arthritis, masalah pencernaan, asma, maag, sakit kepala dan migrain bisa dengan mudah disembuhkan. Bahkan beberapa orang setelah melakukan cara pengobatan ini, merasakan perbaikan atau peningkatan dari sisi spiritualnya.

Perbedaan Jenis Jarum

Hal pertama yang harus diketahui adalah perbedaan antara jarum akupuntur dan jarum suntik (injeksi). Jarum akupuntur bentuknya sangat berbeda dari jenis jarum yang digunakan untuk memberikan suntikan. Pada jarum suntikan, bentuknya berupa tabung kecil yang di dalamnya bisa menampung cairan obat yang akan disuntikkan, lalu ujungnya setajam pisau cukur agar bisa mengiris jaringan kulit, jadi tidak heran jika jenis jarum seperti ini akan menimbulkan rasa sakit.

Sebaliknya, jarum akupuntur bentuknya lebih tipis, padat dan tidak bertabung serta ujungnya tajam. Karena bentuknya ini, maka jarum akupuntur dapat dengan mudah masuk ke dalam kulit dan jauh dari rasa tidak nyaman.

Beberapa ahli akupuntur bercerita, bahwa banyak pasien yang baru pertama kali melakukan pengobatan ini berkomentar, ”Sudah masuk jarumnya?”. Jarang yang berteriak ”aduh” atau ”sakit” atau keluhan lainnya. Jadi pertanyaan, ”Sakitkah akupunktur?”, itu biasanya dilontarkan oleh mereka yang belum mengetahui perbedaan antara jarum akupuntur dan jarum suntik. Namun demikian, beberapa ahli akupuntur banyak yang memilih menggunakan tabung panduan jarum untuk mengurangi rasa sakit.

Tabung panduan adalah tabung yang sedikit lebih pendek dari jarum akupunktur yang dipasangkan pada jarumnya. Cara kerjanya adalah tabung panduan diletakkan pada satu titik bagian tubuh yang akan ditusuk oleh jarum, lalu jarum akupuntur dimasukkan dari atas tabung, lalu di ujung atas jarum ada semacam pegangan yang ditekan, sehingga membuat jarum akupuntur dengan cepat menusuk kulit, yang mudah-mudahan tanpa rasa sakit. Jadi pemakaian tabung panduan ini bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit pada saat jarum menusuk kulit.

Secara sederhana, akupuntur adalah pengobatan yang sangat efektif. Apalagi jika dilakukan dengan benar oleh orang yang berwenang, benar-benar akan manjur dan bekerja secara maksimal. Untuk pertanyaan tentang “apakah akupunktur sakit?”, orang harus tahu bahwa memang sakit sedikit. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa rasa sakit yang ditimbulkan bukanlah sesuatu yang tidak bisa ditolerir. Selain itu, masyarakat juga harus tahu bahwa ketika jarum memasuki kulit, pasti akan menyakitkan, tapi hanya akan berlangsung selama beberapa detik. Namun, juga harus diketahui bahwa ada beberapa orang yang tidak merasakan sakit sama sekali ketika mereka menjalani pengobatan jenis ini.